Proses menjalankan motor listrik induksi 3 fasa

Menjalankan motor listrik induksi 3 fasa


        Assalamu'alaikum wr wb
        Haii semuanya...bertemu lagi dengan blog puguhoke20. Pada pertemuan yang lalu blog puguhoke telah membahas tentang komponen komponen yang digunakan untuk menjalankan motor listrik induksi induksi 3 fasa. Bagi para pembaca yang belum pernah mengenal komponen komponen tersebut dapat diklik Di sini.
        Baiklah, sebelumnya alangkah baiknya kita cari tahu dulu apa itu motor listrik induksi 3 fasa. Motor listrik induksi 3 fasa adalah sebuah perangkat elektromagnetik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Motor listrik terdiri dari dua bagian, yaitu stator (bagian yang diam) dan rotor (bagian yang berputar). Rotor dapat berputar dikarenakan tubuh rotor tertarik oleh medan magnet putar pada kumparan stator. Medan magnet putar pada kumparan stator terbentuk karena jumlah fasa yang masuk ke kumparan ada 3 yang masing masing berbeda 120° fasanya sehingga akan timbul medan magnet putar. Perputaran rotor akan lebih lambat dibandingkan perputaran medan magnet pada kumparan stator, keadaan ini disebut dengan slip. Pada umumnya konstruksi motor listrik tiga fasa sama dengan motor listrik satu fasa, hanya saja untuk motor listrik tiga fasa menggunakan kumparan stator yang jumlahnya ada 3 yang masing masing diberi isolasi.
         Sekarang mari lanjut membahas proses menjalankan motor listrik induksi tiga fasa. Bagi para master pastinya sudah paham tentang bentuk bentuk rangkaian yang digunakan dalam mengendalikan motor listrik. Namun bagi yang pemula mungkin masih sangat asing. Untuk itu hari ini yang kita pelajari hanya rangkaian yang dasar dasar dahulu. Kita akan membahas rangkaian Direct On Line (DOL). Apa itu direct on line??rangkaian direct on line adalah sebuah rangkaian pengendali motor listrik tiga fasa yang menghubungkan secara langsung antara motor listrik ke power supply secara langsung. Untuk gambar rangkaiannya bisa dilihat di bawah ini


Gambar yang terletak di sebelah kiri adalah rangkaian kontrol, sedangkan yang di sebelah kanan adalah rangkaian daya. Rangkaian kontrol digunakan untuk mengontrol dalam artian menjalankan dan mematikan peralatan, dan rangkaian daya adalah untuk memberikan catudaya pada motor listrik. Komponen utama yang digunakan ialah kontaktor magnet, TOR, MCB, Push Button.
        Prosesnya, ketika semua telah dirangkain seperti rangkaian di atas maka ketika tombol START kita tekan, maka arus listrik akan mengalir ke coil kontaktor sehingga membuat kontaktor bekerja. Coil kontaktor adalah sebuah kumparan. Kumparan apabila diberi arus listrik akan menghasilkan medan magnet. Kemudian coil ini diberi inti besi ditengahnya sehingga besi akan terinduksi dan menjadi magnet, lalu magnet ini akan menarik kontak kontak yang ada dalam kontaktor. Karena kontaktor dipasang pengunci yaitu 13 14 maka ketika tombol dilepas, ia akan tetap bekerja hingga tombol STOP ditekan.
Ketika kontaktor bekerja maka listrik tiga fasa akan mengalir menuju motor listrik karena pada dasarnya kontaktor magnet adalah sebuah saklar. Setelah itu motor listrik akan berputar terus menerus hingga ia dioffkan. Untuk pengaman dipasang MCB dan TOR akan ketika motor bekerja akan tetap aman.
           Sekian sedikit penjelasan yang bisa disampaikan. Sebenarnya masih ada banyak lagi bentuk bentuk pengendalian motor listrik induksi tiga fasa, namun karena nanti terlalu banyak lebih baik diteruskan pada pertemuan berikutnya. Dalam penjelasan di atas apabila ada kesalahan kami mohon maaf yang sebesar besarnya.
Wassalamu'alaikum wr wb.



#teknik josss teknik tengteng ah!!!

Komentar