apa itu saklar?apa saja jenis dan fungsinya??

Apa itu saklar??dan apa saja fungsi dari jenis-jenis saklar yang ada di sekitar kita??

  1. Pengertian

Assalamu'alaikum wr. wb.

Saklar, hari ini kita akan membahas tentang saklar. Kita sangat sering mendengar kata ini dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apakah kita tahu apa sebenarnya definisi dari saklar itu??apakah semua jenis saklar memiliki fungsi yang sama??lalu apa perbedaan antara jenis saklar satu dengan jenis saklar yang lainnya??..okee gaesss kita akan membahasnya satu persatu..let's go!!!!
        SAKLAR adalah salah satu perangkat atau alat yang berfungsi sebagai pemutus dan penyambung rangkaian listrik. Jadi ketika kita ingin memutus atau menghubungkan suatu rangkaian listrik, maka kita membutuhkan sebuah alat yang bernama saklar. Saklar ini tidak hanya digunakan untuk rangkaian listrik yang besar saja ataupun yang kecil saja, artinya saklar ini dapat digunakan di semua jenis rangkaian listrik baik itu listrik tegangan tinggi maupun tegangan rendah. Biasanya yang membedakan antara saklar untuk listrik kuat dan listrik lemah adalah di bagian bentuk fisiknya. Saklar untuk listrik kuat cenderung fisiknya lebih besar, sedangkan untuk saklar listrik arus lemah memiliki bentuk fisik cenderung kecil.
       Prinsip kerja saklar secara sederhana adalah seperti kran air. Dimana saat kondisi saklar diputus (off) maka tidak ada aliran arus yang mengalir, atau dapat dikatakan rangkaiannya terbuka. Tapi saat saklar dihubungkan (on) maka akan ada aliran arus dalam rangkaian atau dikatakan rangkaian tertutup. Sebenarnya saklar hanya terdri dari dua kontak terminal dan sebuah penghubung yang terbuat dari bahan konduktor. Pemilihan bahan yang digunakan untuk konduktor harus tepat, karena jika asal-asalan akan menyebabkan karat pada badan konduktor, yang akan mengganggu kinerja saklar karena karat akan menghambat arus listrik yang mengalir atau bahkan tidak bisa mengalir.

      2.Jenis jenis saklar dan fungsinya

  • Saklar tunggal 
Saklar tunggal adalah sebuah saklar yang hanya memiliki satu buah terminal in dan satu terminal out saja. Saklar tunggal hanya memiliki 2 kondisi, yaitu ON dan OFF. Saklar jenis ini sering kita pakai untuk menyalakan dan mematikan lampu. 
                                             
 
  • Saklar seri
Saklar seri adalah sebuah saklar yang merupakan gabungan dari dua saklar tunggal. Fungsi dari saklar seri adalah untuk melanyani 2 lampu, dimana kondisi lampu bisa beragam, misalnya satu lampu hidup dan yang lain mati, ataupun kedua lampu hidup secara bersamaan juga bisa, karena pada dasarnya saklar ini adalah gabungan dari saklar tunggal.
                                               
   
                                                     

  • Saklar tukar
Saklar tukar adalah sebuah saklar yang umumnya memiliki 3 terminal, yaitu satu input dan dua output. Notasi saklar tukar biasanya 0 untuk input listrik, 1 dan 3 untuk outputnya. Fungsi dari saklar jenis ini adalah untuk menyalakan lampu secara bergantian. Misalnya kita ingin mengendalikan 2 lampu apabila yang lampu A nyala maka yang lampu B otomatis mati, dan begitu pula sebaliknya.


                                                       
  • Saklar silang
Saklar silang merupakan saklar yang terdiri dari gabungan dua saklar tukar yang bekerja dalam satu mekanisme. Artinya kedua saklar ini akan bekerja kedua-duanya dalam satu waktu. Fungsi saklar ini adalah untuk mengendalikan lampu dari dua atau 3  tempat atau lebih, dengan cara mengkolaborasikan dengan bantuan dua saklar tukar jika untuk 3 tempat pengendalian.

                                                       Image result for saklar silang
  • Saklar putar
Saklar putar adalah sebuah saklar yang cara mengoperasikannya dengan cara memutar tuas saklar tersebut. Salah satu fungsi saklar ini adalah untuk menghubungkan rangkaian dari satu jalur menuju jalur-jalur yang lain yang berjumlah banyak. Kita sering menemui saklar jenis ini pada multi meter, yang saklar ini digunakan untuk memilih opsi yang ada.

                                                     Image result for saklar avo meter

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis saklar beserta fungsinya, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Saya mohon maaf yang sebesar besarnya apabila ada kesalahan dalam penyampaian materi tersebut, dan akhir kata   Wassalamu'alaikum wr. wb.

#teknikjoss teknik tengteng ahhh 

     

Komentar

Posting Komentar